WhatsApp Image 2023-03-28 at 09.40.06

Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) merupakan penilaian yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP khusus untuk peserta didik SMK). USK sendiri diadakan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). USK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP) atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri (DU/DI). Hasil USK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil USK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) di SMK Strada 3 sudah disiapkan dengan matang, mulai dari persiapan peralatan yang akan dipakai hingga persiapan materi yang dilakukan oleh bapak/ibu guru produktif di SMK Strada 3. Peralatan yang dipakai mulai dari laptop, paket telepon, kalkulator, serta media pendukung lainnya seperti internet. Sedangkan peserta didik disiapkan dengan baik dengan mengadakan pendalaman materi setiap hari sehabis jam pulang sekolah.

WhatsApp Image 2023-03-28 at 16.54.55

Pelaksaan USK di SMK Strada 3 dimulai sejak hari selasa (28/03/23) pukul 07.00 sampai pukul 17.00 wib. peserta didik diberi waktu untuk mempersiapakan diri, sarapan dan doa pagi bersama panitia. USK diawasi oleh seorang asesor yang ditugaskan oleh LSP P4 yaitu Ibu Elfrida dari SMK Dharma Putra. Pelaksanaan USK berlangsung dengan tertib dan lancar. Secara terpisah, Ibu Elfira Marlina, S.Pd. selaku panitia USK tahun ini, menerangkan bahwa, USK dapat mendorong kerja sama antara SMK dengan dunia kerja. Dimana sumber soal atau materi yang diujikan dalam USK ini tentu sesuai dengan kebutuhan kerja di industri. “Dengan mengikuti USK, maka siswa akan mendapatkan sertifikat kompetensi, sertifikat itu digunakan sebagai dasar siswa melamar pekerjaan sesuai dengan kompetensi yg di miliknya,serta sebagai lisensi siswa untuk bekerja.” kata bu Elfira terkait tujuan USK.

WhatsApp Image 2023-03-28 at 17.11.26

Dengan demikian, harapan sekolah terhadap hasil USK sangatlah tinggi. Agar peserta didik nantinya ketika dinyatakan lulus dari SMK strada 3 dapat dengan cepat mendapatkan pekerjaan, tentu pada akhirnya dapat membantu perekonomian orang tua, serta meningkatkan kualitas hidup peserta didik itu sendiri dimasa mendatang.

 

 

Sebarkan artikel ini